Thursday, April 03, 2008

Fakta tentang Jatuh

Kadang, meskipun pengobatan fisik tidak diperlukan, keterkejutan saat jatuh membuat seseorang takut akan kemungkinan jatuh lagi di satu saat. Ini juga dapat mengakibatkan kehilangan percaya diri dan timbulnya perlindungan yang berlebihan dari keluarga.
Siapa yang berisiko mengalami jatuh?
Orang lanjut usia, mental yang terganggu, gangguan penglihatan, kondisi kesehatan yang buruk khususnya setelah lama dalam kondisi sakit, sedang dalam pengobatan yang beragam, cara jalan yang abnormal. Semakin besar ketidakmampuan fisik, semakin besar risiko terjatuh.
Mengapa seseorang jatuh?
Faktor internal: penglihatan yang buruk, lemah otot, ketidakseimbangan saraf seperti kehilangan posisi berpijak, ketidakseimbangan kognitif, sedang dalam kondisi sakit stroke, parkinson, tekanan darah rendah.
Faktor eksternal: interior ruangan (cahaya yang buruk, lantai licin, alas kaki yang tidak nyaman, tempat jalan yang terbatas), tangga yang pijakannya tidak terlihat, kamar mandi yang memiliki penerangan yang buruk, lantai licin, dan dudukan toilet yang rendah.
Risiko kematian Jatuh pada usia yang sangat lanjut (80 tahun ke atas), biasanya merupakan tanda penyakit yang serius. Hasil studi di Amerika, 25 persen dari mereka yang jatuh berisiko meninggal dunia dalam waktu setahun.

No comments: