Monday, August 19, 2013

Lawan Diabetes dengan Makanan Ini

International Diabetes Federation (IDF) mengungkapkan lebih dari 371 juta orang di dunia yang berumur 20-79 tahun memiliki diabetes.

Di Amerika, sekitar 24 juta orang mengidap diabetes, hampir enam juta orang tidak menyadari telah memiliki penyakit ini. Sekitar 57 juta diperkirakan mengalami pradiabetes.

Dalam sebuah acara di Jakarta September 2013 lalu, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Dirjen P2PL) Kemenkes RI, Tjandra Yoga Aditama, mengatakan Indonesia merupakan negara urutan ke-7 dengan prevalensi diabetes tertinggi, di bawah Cina, India, USA, Brazil, Rusia dan Mexico.

Meski prevalensi diabetes terus meningkat, kondisi ini bisa dicegah. Para peneliti menemukan sejumlah makanan yang bisa membantu mencegah kondisi pradiabetes.

* Lebih banyak konsumsi vitamin C.
Studi di Eropa menemukan bahwa orang yang lebih banyak mengonsumsi vitamin C memiliki insidensi diabetes lebih rendah. Meski begitu temuan ini tidak secara jelas mengungkap keterkaitan vitamin C dengan diabetes. Sumber terbaik vitamin C di antaranya jeruk, strawberry, brokoli.

* Rempah cegah peradangan.
Peneliti dari University of Georgia menguji 24 jenis herbal dan rempah. Hasilnya, tanaman herbal bisa mencegah inflamasi yang terkait dengan diabetes. Dari berbagai jenis herbal, cengkeh dan kayu manis masuk dalam rangking teratas.

* Rendam beras semalaman.
Menurut ahli dari Medical College of Georgia, sebuah senyawa yang membantu pertumbuhan padi dapat mengurangi kerusakan saraf dan pembuluh darah akibat. Rendam beras kering dalam air semalam, untuk memunculkan senyawa ini.

No comments: