Thursday, April 03, 2008

Ketika Pasangan Anda Depresi

Ketika, pasangan atau seseorang yang dekat dengan Anda mengalami depresi, ada langkah yang dapat Anda lakukan untuk menolongnya:
# Memberi semangat. Yakinkan bahwa ia membutuhkan pertolongan atas kondisi depresinya. Yakinkan juga bahwa ada pengobatan untuk mengatasi depresi yang dialaminya, dan pastikan pengobatan itu dilakukan dengan baik.
# Jangan menyalahkan seseorang yang sedang depresi. Jangan sekali pun menyuruhnya untuk menghilangkan depresi, karena seolah menganggap ia bertanggung jawab atas depresinya. Lebih baik bantu dan sayangi dia.
# Ingatlah masa-masa indah. Ingatkan diri Anda dan pasangan tentang masa-masa indah sebelum ia mengalami depresi. Yakinkan bahwa depresi itu akan hilang, dan ia bisa kembali ke masa-masa indah lagi.
# Pahami ia secara mendalam. Seseorang yang depresi akan banyak membicarakan kondisi dan perasaan dirinya, sehingga ia selalu ingin didengarkan. Bersikaplah sabar dan menganggapnya seperti sebelum ia mengalami depresi.
# Bangkitkan rasa percaya dirinya. Ajak dia melakukan kegiatan sehari-hari bersama, seperti jalan-jalan atau membeli makanan di pasar swalayan. Yakinkan dia agar mau melakukan hobinya lagi.
# Jangan abaikan tanda-tanda bunuh diri. Ketika ia mulai membicarakan hidupnya yang tidak berarti dan keinginannya untuk mengakhiri hidup, catat tanda-tandanya, dan laporkan ke dokter.
# Selalu berharap positif. 80 persen penderita depresi akan keluar dari permasalahannya setelah menjalani pengobatan selama 4-6 minggu. Namun, 20 persen yang lain akan membutuhkan waktu lebih lama, jadi sabarlah dan selalu berharap positif.

No comments: