Thursday, April 03, 2008

Kantung Mata Hilang, Mata Indah

Kantung Mata Hilang, Mata Indah
--------------------------------------
Mata dengan kantung mata yang samar memang membuat pemiliknya tampak lebih muda dan segar. Tidak heran jika operasi kantung mata sangat diminati.

Operasi kantung mata adalah salah satu operasi plastik yang paling populer. Selama ini orang mengira, tujuan operasi kantung semata-mata untuk estetika. Hal ini tidak bisa dipungkiri, karena sebagian besar mereka yang melakukan operasi kantung mata adalah wanita yang ingin tampil lebih cantik.

Menurut dr. Sidik Setiamihardja, SpBP, dari Rumah Sakit Bedah Plastik Bina Estetika - Jakarta, operasi kantung mata bagian bawah memang lebih banyak dilakukan untuk tujuan estetika. Sedangkan operasi kantung mata bagian atas lebih ke tujuan yang fungsional.

“Seiring bertambahnya usia, otot pada kelopak mata bagian atas melemah. Sehingga kelopak mata menjadi turun dan menutup pandangan. Biasanya orang yang bersangkutan akan banyak menggunakan otot dahi untuk melihat sesuatu. Akibatnya timbul kerutan pada dahi,” jelas dr. Sidik. Inilah yang biasanya menjadi tujuan orang melakukan operasi kantung mata atas.

Sedangkan, operasi kantung mata bawah sudah jelas, yaitu memperindah penampilan. Pada operasi kantung mata bawah, juga selalu dibarengi penghilangan kerutan pada kelopak mata atas. Karena biasanya, saat lemak sudah menggelantung di kantung mata, maka lemak juga akan menumpuk di kelopak mata.

Operasi kantung mata tergolong operasi ringan dan tidak memakan banyak waktu. Sehingga pasien bisa meluangkan waktu kapan saja dan tidak membutuhkan persiapan banyak.

Berikut adalah tahapan dalam operasi kantung mata:

Persiapan sebelum operasi
-------------------------------
# Pasien : - Tidak ada persiapan khusus, hanya beberapa jam sebelum operasi diberi obat antibiotika.
- Kondisi sehat.

Tahapan Operasi kelopak mata.
-----------------------------------
–Kelopak mata pasien digambar/dibentuk di bagian yang membentuk kerutan.
–Begitu pula pada kantung mata di buat garis persis di bawah bulu mata.
–Pembiusan dilakukan pada bagian yang dioperasi.
–Untuk mencegah terjadinya kerutan kembali, operasi dimulai dengan kelopak mata dengan membuat sayatan kecil dari pangkal mata hingga hidung untuk membuang kulit dan lemak yang membuat kelopak mata berkerut.
–Pada saat operasi pasien tetap sadar karena menggunakan bius lokal.
–Pendarahan pada pembuluh darah akibat sayatan dihentikan dengan diatermia (alat untuk menghentikan pendarahan).
–Setelah diambil lemaknya, kemudian dilakukan penjahitan sebanyak dua kali. Jahitan pertama untuk menutup jaringan dalam kelopak mata. Sedangkan jahitan kedua dibuat untuk menutup luka bagian luar akibat sayatan operasi.
–Saat penutupan bekas operasi, pasien diminta beberapa kali membuka matanya untuk memastikan tidak ada kerutan akibat kulit yang mengendur. Dan mata tidak terbuka akibat membuang kulitnya kelebihan.

Tahapan Operasi kantung mata
--------------------------------------------
–Hal yang sama pun dilakukan saat operasi kantung mata. Pembiusan dilakukan pada bagian yang di operasi.
–Sayatan dari pangkal mata hingga hidung.
–Setelah diambil lemaknya, kemudian dilakukan penjahitan sebanyak dua kali. Jahitan pertama untuk menutup jaringan dalam kelopak mata. Sedangkan jahitan kedua dibuat untuk menutup luka bagian luar akibat sayatan operasi.
–Saat penutupan bekas operasi, pasien diminta beberapa kali membuka matanya untuk memastikan tidak ada kerutan akibat kulit yang mengendur.

Setelah operasi
------------------------
–Pasien dapat langsung diperbolehkan pulang beberapa jam setelah operasi.
–Pasien diberi obat selama lima hari untuk mencegah terjadinya infeksi di bekas sayatan operasi.
–Untuk membantu luka bekas operasi lekas kering, pasien disarankan untuk tidak makan pedas atau asam selama dua minggu. Hal ini untuk menghindari bekas luka kembali berdarah.
–Kurang lebih selama 10 hari, bekas luka operasi tidak boleh terkena air. Jika ingin cuci muka harus setelah enam hari setelah operasi dan menggunakan air steril.

No comments: