Sunday, December 28, 2008

Lebih Aman dengan Gula Herbal

PRODUK sintetis memang sering kali menimbulkan masalah bagi tubuh. Aspartam pun termasuk salah satu produk yang memicu kontroversi karena dianggap bisa menimbulkan banyak efek negatif bagi tubuh.

Melihat kondisi ini, spesialis gizi klinik Medikal Plaza International Klinik, Samuel Oentoro menyarankan agar masyarakat kini mulai berpaling ke produk-produk herbal. Ini adalah produk alami yang berasal dari sari-sari tanaman. Untuk produk herbal zat pemanis pengganti gula, Samuel menyarankan untuk menggunakan stevia.

Stevia adalah produk gula alami yang berasal dari tanaman bernama Stevia Rebaudiana Bertoni. Daun dari tanaman ini mengandung bahan pemanis alami nonkalori, dan mampu menghasilkan rasa manis 70 hingga 400 kali dari manisnya gula tebu. "Pemanis ini paling aman untuk kesehatan, baik penderita diabetes melitus atau yang mengalami obesitas," kata Samuel.

Namun, stevia lebih mahal. Setiap 100 gram gula stevia dibanderol di harga Rp 40.000. Stevia sebanyak itu cukup untuk 220 gelas minuman.

No comments: