Sunday, December 28, 2008

Blueberi Si Penguat Memori

MENGONSUMSI blueberi ternyata bermanfaat bagi otak yang rada lemot (lemah otak) alias mudah lupa, pikun atau terserang Alzheimer. Para peneliti dari Universitas Reading mengklaim, konsumsi blueberi secara teratur menghasilkan perubahan berarti pada otak, yakni meningkatnya daya ingat.

Makanan, yang dikenal kaya flavonoid ini secara historis diyakini mampu bertindak sebagai antioksidan. Penelitian bahkan menunjukkan zat aktif ini dapat mengaktifkan bagian otak yang berfungsi mengontrol pembelajaran dan memori.

Dr. Jeremy Spencer, dari Departemen Biosains Makanan di Universitas Reading mengatakan,"Ilmuwan telah lama mengetahui potensi dan manfaat makanan ini untuk kesehatan."

"Penelitian kami menyediakan bukti ilmiah menunjukkan bahwa blueberi merupakan makanan yang bagus dan terbukti berpotensi meningkatkan kapasitas memori."

Jeremy menyebutkan bahwa temuan yang dipublikasi di Free RAdical Biology dan Medicine Journal ini akan dilanjutkan ke tingkat berikutnya untuk meneliti efek flavonoid secara individu pada mereka yang mengalami lemah memori dan kemungkinan menderita Alzheimer.

No comments: