Friday, October 10, 2008

Penderita Darah Tinggi Meningkat Usai Lebaran

Jumlah penderita penyakit tekanan darah tinggi, diare dan kelelahan meningkat di Balikpapan usai liburan (cuti bersama) pada Lebaran 1429 H.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan Dyah Muryani di Balikpapan, Selasa mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan Puskesmas di "Kota Minyak" itu jumlah penderita tiga jenis penyakit itu meningkat tajam.

Namun, dia mengaku belum bisa memberikan data pasti, yang jelas semua Puskesmas di Balikpapan melaporkan bahwa jumlah penderita tiga jenis penyakit itu jumlahnya meningkat tajam usai Hari Raya Idul Fitri 1429 H.

"Faktor penyebab, kemungkinan pola makan yang kurang baik. Setelah satu bulan berpuasa, banyak warga yang kemudian ingin mencicipi apa saja makanan kegemarannya," imbuh dia.

Faktor kelelahan dalam perjalanan libur Lebaran 2008, diperkirakan juga menjadi pemicu naiknya tekanan darah tinggi dan sakit kelelahan.

Kelelahan karena mempersiapkan kondisi rumah untuk menerima tamu saat menghadapi Lebaran juga menjadi pemicu naiknya tekanan darah tinggi.

"Saat silaturahmi, banyak makanan mengandung kolestorol tinggi yang disajikan, ini juga menjadi penyebab naiknya tekanan darah tinggi," imbuh dia.

Khusus diare, ia menjelaskan bisa jadi karena warga banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sesuai dengan kondisi perut sesuai puasa selama satu bul

No comments: