Friday, October 10, 2008

Membarakah Perkawinan Anda?

APAKAH perkawinan Anda adem-ayem atau panas membara? Coba jawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan "benar" atau "salah" untuk melihat seberapa serius kondisi perkawinan Anda dan haruskah minta bantuan konselor perkawinan.

1. Saya berharap pasangan lebih menarik secara fisik.

2. Saya berharap pasangan punya uang lebih banyak.

3. Saya berharap pasangan meluangkan waktu lebih banyak untuk keluarga.

4. Saya berharap pasangan memberi kebebasan lebih banyak.

5. Saya berharap pasangan lebih sering menemani anak-anak bermain dan belajar.

6. Saya berharap pasangan mengurangi keinginannya untuk bercinta dan bercinta tanpa lihat situasi dan kondisi.

7. Saya berharap pasangan mau lebih sering bercinta.

8. Saya berharap pasangan lebih royal.

9. Saya berharap pasangan tidak sering berargumentasi yang membuat saya merasa terpojok.

10. Saya berharap pasangan menghilangkan perilaku genitnya di luaran terhadap lawan jenis.

11. Saya berharap pasangan bisa lebih romantis.

12. Saya berharap pasangan mau lebih banyak meluangkan waktu untuk sekadar ngobrol dengan saya.

13. Saya berharap pasangan mengurangi kecerewetannya.

14. Saya berharap pasangan lebih menghargai keluarga besar saya.

15. Saya berharap pasangan lebih memperluas wawasannya.

16. Saya berharap pasangan mampu membuat keputusan yang lebih bijak dalam hal apa pun.

17. Saya berharap pasangan punya karier yang lebih bagus.

18. Saya berharap pasangan bisa lebih menghargai saya.

19. Saya berharap pasangan menunjukkan sikap lemah lembut, terutama saat berbicara pada saya.

20. Saya berharap andaikata saya bisa menikah dengan orang yang lain.

MAKNA PEROLEHAN NILAI:

Jika lebih dari 60% Anda menjawab "benar" dari 20 pernyataan di atas, tampaknya Anda jenuh dengan perkawinan Anda sehingga boleh dikatakan kondisi perkawinan Anda lumayan gawat. Banyak masalah yang selama ini tak terselesaikan. Ini tampak dari pernyataan Anda yang berandai-andai ingin mengubah keadaan. Jangan cuma berandai-andai. Jika Anda ingin bertahan dalam perkawinan dengan sejumlah perubahan, tampaknya sudah waktunya bagi Anda dan pasangan meminta bantuan ahli. Tepatnya konselor perkawinan yang karena tuntutan profesinya akan memberi pandangan netral untuk mencari solusi yang tepat bagi Anda berdua.

No comments: