Sunday, August 17, 2008

Mau Hamil? Jangan Diet Sembarangan!

JIKA Anda berencana membentuk sebuah keluarga dalam waktu dekat, stop melakukan diet sembarangan. Ovulasi bisa tidak terjadi pada perempuan yang kekurangan atau kelebihan berat badan. Jika berat badan seorang perempuan naik turun seperti yo-yo, otak akan mematikan sinyal reproduksi karena otak tidak dapat menentukan kapan badan perempuan tersebut siap untuk mengandung.

Anda bisa menjaga berat badan dengan mengonsumsi makanan dan minuman rendah lemak. Yah, memang gampang gampang susah. Namun, jangan khawatir, berikut beberapa kiat yang bisa Anda terapkan

  • Hati-hatilah dengan makanan-makanan enak seperti nasi goreng, makanan manis bahkan sayur-sayuran olahan yang digoreng mengandung lemak tinggi walaupun tersembunyi. Makanlah dalam porsi kecil, karena kebanyakan perempuan merasa lebih sulit untuk menurunkan berat badan mereka setelah naik.
  • Pilihlah daging dan bersihkan lemak-lemaknya.
  • Pilih juga produk-produk berbahan dasar susu rendah lemak, termasuk susu, keju, yoghurt, yang juga merupakan sumber kalsium dan protein yang baik. Cobalah makan dalam porsi lebih sedikit, tanpa mentega, mayones, salad dressing atau saus lainnya dan gunakan lebih sedikit minyak untuk memasak.
  • Pilihlah sup tomat daripada sup krim dan lakukanlah diet makanan kaya vitamin, mineral dan anti oksidan.
  • Jangan lupa mengonsumsi makanan banyak serat. Anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Serat membuat Anda merasa kenyang dan menahan selera makan anda. Kiat ini baik dilakukan saat datang bulan saat selera makan sedang tinggi-tingginya. Cara paling mudah adalah dengan mengonsumsi buah untuk mengakhiri makan.
  • Untuk makan siang dan makan malam, ambillah setidaknya 3 sendok makan sayuran. Pilih sayuran dengan warna yang berbeda-beda, karena setiap warna memiliki anti oksidan yang berbeda pula. Jangan lupa tetap perhatikan pada yang Anda makan, khususnya pada saat hamil nanti!

No comments: