Tuesday, April 01, 2008

Khasiat Segelas Teh Susu

Teh susu seringkali dihidangkan sebagai minuman penghangat agar tubuh kita yang letih dapat kembali segar. Ternyata teh susu tak hanya menjadi minuman penyegar tubuh yang letih, namun juga berkhasiat sebagai minuman pencegah kanker. Hal ni dibuktikan oleh suatu penelitian terbaru dari American Health Foundation yang menemukan bahwa teh yang dicampur dengan sedikit susu dapat menaikkan antioksidan yang terkandung dalam teh.

Peningkatan antioksidan tersebut dikarenakan campuran susu yang jumlahnya sedikit mengubah struktur antioksidan teh. Padahal sebelumnya beberapa ahli berpendapat bahwa susu dapat merusak kandungan antioksidan di dalam teh. Melalui studi ini mereka menemukan dalam segelas teh yang dicampurkan sedikit susu dapat meningkatkan antioksidan hingga 8 oz. Kadar antioksidan yang tinggi dapat melawan tumbuhnya sel-sel kanker.

Namun dalam penelitian tersebut juga terungkap jika susu yang dicampurkan terlalu banyak akan menetralkan manfaat teh dan menghilangkan zat antioksidannya.

No comments: