Tuesday, April 01, 2008

Folat Untuk Ibu Hamil

Folat banyak ditemui di sayuran hijau. Folat ada di kubis, sawi, buncis, bayam, brokoli, asparagus, alpukat juga pada buah semangka. Gado-gado dan karedok kaya akan folat. Semua sayuran dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan folat.

Kekurangan folat bisa mengakibatkan anemia, cepat lelah, insomnia, pikun, juga depresi. Pada ibu hamil, kekurangan folat bisa mengakibatkan keguguran berulang. Selain itu juga meningkatkan risiko cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang. Demikian presentasi dr. Noroyono Wibowo, SpOG.

Itulah sebabnya, folat dibutuhkan tubuh. Dalam satu hari, tubuh membutuhkan suplemen folat 400 mcg. Ibu hamil membutuhkan folat 600 mcg per hari. Jumlah ini sangat banyak, mengingat bahwa satu buah semangka saja hanya memiliki 1 mcg folat. Folat perlu dikonsumsi setiap hari karena fungsi utamanya akan sangat bermanfaat pada 28 hari pertama kehamilan sebelum ia tahu bahwa dirinya hamil.

Wanita yang mengkonsumsi folat 2-3 bulan sebelum dan di awal kehamilan mengurangi risiko melahirkan bayi cacat pada otak. Folat juga berperan dalam pembentukan dan perkembangan sel darah merah, serta pertumbuhan jaringan yang pesat pada bayi dalam kandungan.

No comments: