Friday, December 14, 2007

Puasa Pacu Sperma Makin Produktif

Siapa bilang puasa bikin kualitas sperma menurun? Justru sebaliknya, menurut ahli, pada saat puasa kualitas sperma secara umum semakin bagus dan tentu saja jadi produktif.

Ahli seks RSU dr Soetomo Surabaya, dr Susanto Suyaatmadja SpAnD(K) mengatakan, puasa tidak berdampak negatif terhadap kualitas sperma. "Justru manfaat puasa terhadap kesehatan tubuh bagi pria yang sehat justru lebih bagus bahkan tidak mengurangi terjadinya konsepsi hubungan suami istri," ujarnya kepada detikhot.

Susanto mengatakan, saat berpuasa justru banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Puasa dapat meningkatkan fungsi organ reproduksi, menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh serta meningkatkan fungsi organ tubuh.

Selain itu, puasa juga memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat, membebaskan tubuh dari racun, kotoran dan ampas yang bisa merusak kesehatan. "Dengan puasa mampu memblokir makanan untuk bakteri, virus, dan sel kanker sehingga kuman-kuman tersebut tidak bisa bertahan hidup," jelasnya.

Menurut Susanto hal terpenting yang harus dilakukan pasangan suami istri saat puasa yaitu menjaga kebugaran. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang serta memperbanyak minum air putih.

Aturlah waktu istirahat. Usahakan tidur beberapa menit pada siang hari, saat tubuh merasakan kantuk yang berat. Hal itu dapat membantu memulihkan kesegaran tubuh dan melancarkan proses berpikir.

"Justru hindari duduk diam atau tidur dalam jangka waktu yang lama, malas-malasan. Sebab, hal itu justru membuat tubuh semakin lemas dan loyo," tambahnya.

No comments: