Thursday, July 07, 2011

Peluang Hamil Di Usia 35 Tahun Ke Atas

Memang tidak dapat dipastikan kapan jodoh itu datang. Ada yang bisa mendapatkan pasangan hidup di usia 20an, ada juga di usia 30an bahkan 40an atau lebih. Begitu juga jodoh dengan calon anak. Banyak pasangan yang baru menikah setelah 2 bulan, istri sudah hamil. Ada yang sudah menikah lebih dari 1 tahun lebih, tapi belum juga dikaruniai seorang anak bahkan sudah 20 tahun menikah baru dikaruniai anak. Jalan hidup seseorang tidaklah sama.

Demikian pula bagi pasangan yang menunda kehamilan yang disebabkan oleh berbagai alasan. Pada saat ingin memiliki anak, terkadang menemui kendala. Padahal usia sudah tidak muda lagi. Khusus bagi wanita yang sudah berusia di atas 35 tahun, peluang untuk hamil sudah semakin berkurang. Terutama calon ibu yang hamil pertama kali.

Kesuburan wanita akan terus menurun bersama dengan bertambahnya usia. Demikian pula dengan resiko yang akan dihadapi saat hamil. Resiko kehamilan seperti terjadinya keguguran, pre-eklampsia, plasenta previa atau diabetes. Peluang untuk melahirkan bayi yang memiliki kelainan seperti Down’s Syndrome juga lebih besar dibandingkan dengan yang berusia 20 tahun.

Namun jangan khawatir, sudah banyak ibu-ibu yang berusia di atas 35 tahun yang hamil dan melahirkan bayi yang sehat. Selama tubuh sehat, konsumsi makanan yang bergizi, pola hidup juga sehat dan cukup istirahat, semuanya bisa diatasi. Bagusnya lagi di usia 35 tahun ke atas, biasanya ibu akan lebih matang dan terkontrol emosinya. Jadi siap secara mental untuk hamil dan punya anak.

Tetap semangat.

1 comment:

tanaman herbal said...

kesuburan reproduksi wanita dan pria tergantung kesehatan alat reproduksinya, gunakan obat herbal untuk menjaga kesuburan, sehingga membuka peluang untuk hamil