Saturday, June 28, 2008

Vit. K Tak Cocok dengan Heparin

PERNAH Anda sadari ketika mengiris bawang putih tiba-tiba jari teriris dan handuk langsung Anda bebatkan ke jari, perdarahan pun berhenti? Apa sebenarnya yang menyebabkan darah berhenti?

Vitamin K lah yang berperan dalam hal ini. Dari makanan yang kita konsumsi seperti sayuran hijau, brokoli, selada, kobis, kuning telur, hati, daun-daunan vitamin K tersimpan dalam tubuh untuk membuat darah menjadi menggumpal saat terjadi perdarahan.

Meski begitu vitamin K juga berperan dalam pembentukan tulang. Dia mempertahankan jumlah kalsium dalam tubuh. Sekurangnya 65 mcg setiap hari kita butuhkan untuk keperluan ini. Namun untuk memperkuatnya,lebih dari 100 mcg setiap hari kita butuhkan.

Warfarin (Coumadin) dan Heparin, obat yang disebut sebagai anti pembekuan darah tidak boleh dikonsumsi dalam waktu bersamaan dengan vitamin K. Obat-obatan ini bekerja dengan memblokade fungsi vitamin K, yang pada akhirnya memperlemah tulang.

Karena itu, bila dokter meresepkan obat ini kepada Anda, diskusikan mengenai risiko osteoporosis (pengeroposan tulang) yang mungkin terjadi.

No comments: