Thursday, November 20, 2014

Kurang Minum Susu? Waspadai Gejala Kekurangan Iodin di Usia Remaja

Gill Bembridge tak begitu khawatir ketika mendapati benjolan kecil di leher putrinya, Faye. Ia mengira putrinya hanyalah kedinginan. Hingga suatu ketika salah seorang temannya mengatakan itu bukanlah benjolan biasa.

"Ia seorang pensiunan dokter, namanya Pete Lansley. Ia bilang benjolan itu pertanda Faye kekurangan iodin. Ini tak pernah terlintas dalam benak saya sekalipun," kata Gill.

Dan ibu dua anak itu kaget ketika dampak jangka panjang dari kekurangan iodin bukan hanya benjolan, namun hingga gangguan mental, entah itu pada anak-anak maupun orang dewasa sekalipun. Khusus bagi remaja perempuan, mereka juga butuh lebih banyak iodin agar payudara dan ovariumnya berkembang dengan baik.

Menurut laporan WHO, kekurangan iodin juga erat kaitannya dengan turunnya IQ atau kepintaran, kelelahan akut, keguguran, hingga gangguan tiroid yang berperan penting dalam proses perkembangan. Bila sudah parah, kekurangan iodin juga dapat mengakibatkan hilangnya daya ingat dan mandul.

Ketika dimintai keterangan, Dr Lansley menerangkan gondongan atau benjolan yang muncul di leher gadis 9 tahun itu juga ia temukan pada anak-anak tetangganya yang masih remaja di kawasan Yorkshire. Benjolannya persis di tengah leher dan akan bergerak naik turun ketika sedang mengunyah.

"Gondongan merupakan gejala paling jelas dari kekurangan iodin. Bila tubuh kekurangan mineral ini maka kelenjar tiroid membesar agar dapat menghasilkan hormon tiroid sendiri, makanya membengkak," terang Dr Lansley .

"Di tahun 60-an saya pernah bertugas di Turki dan melihat banyak gadis remaja mengalami kondisi semacam ini, namun saya tak pernah mengira akan melihatnya di Inggris," tambahnya.

Namun dari sebuah penelitian yang dipublikasikan The Lancet di tahun 2011 terungkap bahwa 70 persen remaja di penjuru UK mengalami kekurangan iodin, meskipun hanya satu dari lima anak yang kadar iodinnya tergolong sangat rendah.

Lantas bagaimana bisa remaja-remaja di Inggris kekurangan iodin? Iodin dapat diperoleh dari makanan laut, rumput laut, ikan cod dan kerang. Akan tetapi yang lebih banyak ditemukan di Inggris adalah keju dan yoghurt.

Hanya saja di tahun 1970-an konsumsi susu di negara ini menurun drastis karena alergi dan perubahan selera di masyarakat. Sedangkan susu organik yang diproduksi di peternakan-peternakan Inggris mengandung iodin 40 persen lebih sedikit ketimbang susu yang dihasilkan di peternakan pada umumnya.

Beruntung setelah dibawa ke dokter dan mendapatkan resep suplemen iodin, gondong di leher Faye perlahan menghilang hanya dalam waktu satu bulan. Setelah itu Gill bertekad untuk memenuhi asupan susu dan makanan kaya iodin lainnya untuk putrinya itu.

Menurut ahli nutrisi Leona Victoria Djajadi, DNC, iodin tergolong ke dalam tiga nutrisi yang harus diberikan agar anak tumbuh cerdas. "Cara termudah untuk memenuhinya adalah menggunakan garam beryodium, tetapi juga jangan berlebihan," katanya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Anak usia 0-1 tahun bisa mengonsumsi garam 1 gram per hari, kemudian untuk anak usia 1-6 tahun garam 2-3 gram bisa diberikan per hari.

10 comments:

Muhamad Hasan said...

Salam Sehat Gan
Kunjungan Silaturahmi,.
Semoga Tambah Sukses Sehat Selalu

Kunjungi Juga Web Saya. Silahkan Klik Disini

habuzerijellygamatgold-g.blogspot.com said...

Nice Info very helpful

visit my blog Obat Jelly Gamat Gold-G

Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami

Thanks

jellygamat-gold.net said...

Nice Info, Update Terus Gan
Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

habuzerijellygamatgold-g.blogspot.com said...

Terimakasih Infonya

kunjungi juga blog saya
Pengobatan Batu Ginjal Secara Alami
http://habuzerijellygamatgold-g.blogspot.com/2014/12/pengobatan-batu-ginjal-secara-alami.html

Obat Tekanan Darah Tinggi said...

Terimkasih Artikelnya Sangat Membantu
Ijin Share Gan :)

Kunjungi juga http://jellygamat-gold.net/cara-mengobati-tekanan-darah-tinggi-secara-alami/

Obat Diabetes Melitus said...

Terimkasih Atas Infonya Sangat Bermanfaat,.
ijin Share Gan
Kunjungi Juga web saya http://jellygamat-gold.net/cara-mengobati-diabetes-melitus/

Vanesa C said...

Where Everybody is The Winner
bisa di akses melalui => f4n583771nG :)

Aurellia Devani said...

Ini sangat membantu sekali artikel nya, saya harap anda terus menulis artikel yang bagus seperti ini apalagi membahas tentang gula darah berlebih dalam tubuh.
Selain itu saya juga mau kasih tambahan sedikit, apabila didukung dengan gambar gambar maka akan lebih detail lagi pembahasan artikel ini.

Unknown said...

Makasih ya atas informasi nya, saya jadi tau dan sangat bermanfaat sekali


SENOPATIBOLA Freebet Tanpa Deposit Rp 10 Ribu
V88win Online

jksnjsdfjn said...

AYOK GABUNG DAN SERU SERUAN DENGAN AGEN KAMI YANG SIAP MELAYANI ANDA SENANTIASA SELAMA NYA ~
minimal depositnya hanya 50 ribu loh dengan minimal deposit 10 ribu saja ayo buruan

silakan masuk langsung ke website kami BENTO 4D dan baca syarat ketentuan bonusnya